Tips Beli Rumah Di Pameran Properti

Tips Beli Rumah Di Pameran Properti

Salah satu cara untuk menambah referensi dalam membeli rumah impian adalah dengan mengunjungi pameran properti. Di pameran properti Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan seperti harga promo, diskon harga, serta berbagai hadiah dengan pembelian yang dilakukan saat pameran. Sebab, pameran properti adalah ajang bagi para developer untuk menawarkan berbagai macam gimmick untuk melancarkan strategi-strategi pemasarannya.

Memanfaatkan promo yang dilakukan oleh developer adalah hal yang sah untuk dilakukan, namun jangan sampai Anda kecewa setelah mendapatkan rumah yang tidak sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda hanya karena harga miring yang ditawarkan.

Berikut akan dibahas mengenai tips beli rumah di pameran properti. Silahkan Anda simak informasinya:

1. Pilihlah developer yang memiliki reputasi baik.

Tips beli rumah di pameran properti yang pertama adalah dengan memilih developer dengan reputasi yang baik. Sebab, pada saat pameran properti berlangsung akan ada ratusan developer yang menawarkan produk propertinya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui rekam jejak atau track record developer.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek sertifikat yang dimiliki oleh developer. Atau Anda bisa memilih developer yang telah terkenal dan terpercaya. Sehingga kemungkinan penipuan dari developer yang tidak bertanggung jawab menjadi semakin kecil.

2. Ketahui spesifikasi rumah.

Tips beli rumah di pameran properti yang ke-dua adalah mengetahui spesifikasi rumah. Anda harus mengetahui kondisi fisik rumah yang ditawarkan oleh developer. Seperti, luas tanah dan bangunan, kondisi lingkungan sekitar, jumlah ruangan, fasilitas dalam rumah, fasilitas pendukung, dan sebagainya. Sesuaikan spesifikasi rumah dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda masih memiliki anak dengan usia sekolah, maka pilihlah rumah yang dekat dengan fasilitas pendidikan. Selain itu kedekatan dengan fasilitas kesehatan, serta ekonomi perlu Anda pertimbangkan agar Anda tidak kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari.

Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah serta kemudahan dalam pembayaran sehingga membuat Anda kecewa karena tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan usai melakukan pembelian.

Selain itu Anda juga harus menyesuaikan tipe dan jenis rumah dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan sampai memilih rumah dengan DP rendah tetapi cicilannya besar sehingga memberatkan Anda di kemudian hari.

3. Memilih lokasi yang strategis dan kemudahan akses transportasi.

Tips beli rumah di pameran properti yang selanjutnya adalah memilih rumah yang lokasinya strategis dan dapat dijangkau oleh kendaraan umum. Jika Anda memilih lokasi rumah yang jauh dari akses transportasi maka nantinya Anda sendiri yang akan kesusahan. Selain itu Anda juga akan dibebani dengan biaya transportasi tambahan jika memilih lokasi yang kurang strategis meskipun saat pembelian Anda mendapatkan harga yang cukup rendah.

Bagi Anda yang membutuhkan mobilitas tinggi dan rumah yang dekat dengan tempat kerja, maka Anda bisa memilih rumah yang berlokasi di pusat kota. Namun, jika Anda lebih membutuhkan suasana damai dan tenang, maka pinggiran kota bisa menjadi pilihan lokasi yang sesuai.

4. Pertimbangkan memilih rumah inden atau belum jadi.

Rumah inden atau belum jadi biasanya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan rumah siap huni. Untuk itu Anda bisa mempertimbangkan membeli rumah inden. Apalagi jika Anda bertujuan untuk melakukan investasi, maka memilih rumah inden adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Sebab, nilai jual dari rumah inden bisa memberikan keuntungan sebesar 10 hingga 20 persen. Selain itu, Anda bisa diberikan pilihan arah dan posisi rumah yang sesuai dengan keinginan Anda. Itulah tips beli rumah di pameran properti yang ke-empat.

5. Minta surat pesanan rumah.

Jika Anda sudah mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda dan sudah sesuai dengan budget maka Anda tidak boleh langsung melakukan pembayaran uang muka. Sebaiknya Anda meminta surat pesanan rumah yang berisi tentang janji-janji serta penawaran yang dilakukan oleh developer secara tertulis.

6. Cermatilah isi dari PPJB.

Tips beli rumah di pameran properti yang paling penting adalah mencermati isi PPJB. Ada poin-poin isi PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) yang harus Anda cermati sebelum melakukan tanda tangan, diantaranya:

  • Harga jual serta biaya tambahan yang harus ditanggung oleh pembeli.
  • Tanggal serah terima: tidak boleh melebihi satu tahun sejak pembayaran.
  • Spesifikasi lokasi serta bangunannya.
  • Denda yang harus dibayarkan oleh developer apabila serah terima mengalami keterlambatan.
  • Hak bagi pembeli untuk melakukan perjanjian jika developer lalai.
  • Kepastian denda dan penandatanganan akta jual beli.
  • Masa pemeliharaan selama seratus hari sejak dilakukan serah terima.

7. Datanglah bersama dengan pasangan.

Tips beli rumah di pameran properti yang terakhir adalah datang bersama pasangan. Rumah yang akan Anda beli nantinya akan Anda tempati bersama dengan pasangan. Untuk itu, ajaklah pasangan ke pameran properti untuk memilih rumah yang akan dibeli. Supaya nantinya Anda bersama pasangan bisa berdiskusi bersama mengenai rumah impian yang akan dipilih.

Itulah beberapa tips beli rumah di pameran properti yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan rumah impian. Pastikan setiap poin yang telah disampaikan di atas telah Anda perhatikan sehingga Anda tidak kecewa saat membeli rumah. Demikian, semoga bermanfaat.