Pahami Dahulu Beberapa Syarat Membeli Rumah Berikut Ini Jika Akan Membeli Rumah

Pahami Dahulu Beberapa Syarat Membeli Rumah Berikut Ini Jika Akan Membeli Rumah

Anda bisa membeli rumah dengan pilihan sistem pembayaran yang sesuai dengan kemampuan. Seperti membeli rumah secara tunai keras, tunai lunak, ataupun dengan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Jika Anda memiliki budget yang cukup tentu saja membeli rumah dengan sistem pembayaran tunai keras bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, pembelian rumah secara tunai akan membuat Anda tidak mengeluarkan banyak biaya tambahan seperti bunga dan sebagainya.

Akan tetapi, jika budget Anda minim maka tidak ada salahnya membeli rumah dengan sistem KPR. Syarat membeli rumah dengan KPR sebenarnya cukup mudah. Apalagi saat ini ada program dari pemerintah mengenai pemenuhan kebutuhan rumah bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah.

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah bersubsidi yang disediakan oleh pemerintah, ada beberapa syarat membeli rumah KPR bersubsidi yang harus Anda penuhi:

1. WNI (Warga Negara Indonesia) dan belum memiliki rumah secara pribadi.

Sasaran dari rumah KPR bersubsidi yang dicanangkan oleh pemerintah adalah kalangan masyarakat dengan penghasilan rendah. Jadi, sangat tepat jika syarat membeli rumah KPR bersubsidi adalah WNI yang belum memiliki rumah pribadi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari masyarakat dari kalangan menengah ke atas melakukan pembelian dengan tujuan untuk investasi. Sehingga kesejahteraan bisa didapatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

2. Pekerjaan dan penghasilan.

Syarat membeli rumah KPR bersubsidi yang selanjutnya adalah calon pembeli harus sudah bekerja pada perusahaan tertentu paling tidak selama satu tahun dengan pendapatan maksimal sebesar 4 juta rupiah untuk mengajukan KPR subsidi untuk jenis rumah tapak dan pendapatan maksimal sebesar 7 juta rupiah untuk mendapatkan KPR dengan jenis rumah susun. Syarat membeli rumah KPR subsidi untuk usia minimal 21 tahun atau telah menikah.

3. Melengkapi dokumen pribadi.

Melengkapi dokumen pribadi adalah syarat membeli rumah KPR bersubsidi yang tidak boleh Anda lewatkan. Jenis dokumen yang harus dilengkapi diantaranya fotokopi KTP dan KK, slip gaji terakhir, fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir, fotokopi SPT dan NPWP tahunan, surat pernyataan bahwa Anda belum memiliki rumah, dan yang terakhir surat pernyataan bahwa Anda belum pernah mendapatkan subsidi rumah.

Kelengkapan dokumen tersebut sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses pengajuan KPR bersubsidi dari pemerintah.

4. Rekam jejak pengaju di bank yang bersangkutan.

Orang dengan track record yang tidak baik dan memiliki black list di bank yang akan diajukan KPR akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan persetujuan KPR. Untuk itu, hindari keterlambatan membayar angsuran dan membayar kartu kredit agar Anda bisa lebih mudah mendapat persetujuan pengajuan KPR.

Anda perlu menyiapkan syarat membeli rumah KPR bersubsidi mulai sekarang agar mempercepat prosesnya. Sebab, dengan memiliki rumah KPR bersubsidi dari pemerintah, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan.

Diantaranya:

1. DP (Down Payment) atau uang muka yang ringan.

DP yang harus dibayarkan oleh pembeli adalah sebesar 1-10 persen bahkan ada bantuan sebesar Rp 4 juta rupiah untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang benar-benar membutuhkan untuk membayar DP rumah. Tentu saja hal tersebut akan sangat meringankan calon pembeli dari kalangan masyarakat menengah ke bawah.

2. Angsuran yang ringan.

Kerja sama yang dilakukan oleh pemerintah dengan pihak bank bertujuan untuk memberikan angsuran yang tidak memberatkan bagi masyarakat. Angsuran yang harus dibayarkan oleh pembeli adalah sebesar 800 ribu rupiah per bulan. Dengan KPR bersubsidi, keuangan Anda tidak akan terganggu karena cicilan tiap bulannya sangat ringan.

3. Developer terpercaya.

Saat ini banyak developer terpercaya yang berpartisipasi dalam pengadaan rumah KPR bersubsidi. Sebab, hunian yang murah akan menguntungkan developer karena perputaran modal bisa berjalan dengan lancar jika masyarakat mampu membeli rumah dengan harga yang terjangkau.

4. Lokasi yang strategis.

Developer properti telah menyiapkan sejumlah lahan yang berlokasi di tempat yang strategis seperti dekat dengan pusat kota, dekat dengan akses jalan raya, dan sebagainya. Sehingga Anda bisa lebih mudah menjangkau fasilitas-fasilitas penting di sekitar rumah. Anda juga bisa lebih mudah untuk menjangkau tempat kerja.

5. Menggunakan material yang berkualitas tinggi.

Rumah KPR memang memiliki harga yang relatif lebih rendah. Namun hal tersebut bukan berarti kualitas bahan bangunan yang digunakan memiliki kualitas yang kurang baik. Developer telah menyiapkan rumah contoh sehingga memudahkan pembeli untuk mengamati kualitas bangunan ketika akan membeli rumah tersebut.

Adanya program seribu rumah yang dilakukan oleh pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah tentunya sangat membantu. Untuk itu, Anda perlu memanfaatkannya jika Anda memenuhi syarat membeli rumah KPR bersubsidi seperti yang telah dibahas pada artikel di atas.

Salah satu bank yang bisa menerima pengajuan KPR bersubsidi adalah BTN (Bank Tabungan Negara). Anda cukup mendatangi kantor BTN dan menunjukkan slip gaji serta dokumen yang menjadi syarat membeli rumah KPR bersubsidi yang lain. Dalam waktu maksimal tujuh hari prosesnya akan segera diselesaikan.

Demikian, informasi mengenai syarat membeli rumah KPR bersubsidi. Semoga bermanfaat.