Manfaat Dan Kelemahan Investasi Properti Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Dan Kelemahan Investasi Properti Yang Harus Anda Ketahui

Beragam jenis investasi banyak dilakukan orang untuk menjaga keuangan agar tidak habis dikonsumsi saja. Selain itu dengan investasi orang juga bisa mendapatkan keuntungan lebih seperti misalnya jika investasi berupa barang yang harganya kian naik setiap tahunnya, maka keuntungannya pun akan semakin banyak.

Beberapa investasi yang banyak diminati orang yaitu investasi emas, deposito, dan investasi properti. Dari ketiga jenis investasi tersebut yang paling ramai dipilih orang adalah investasi properti. Namun namanya investasi tentu memiliki manfaat dan kelemahan investasi properti.

Pada beberapa kasus, investor kurang jeli dalam memperhatikan kekurangan objek yang akan dijadikan investasi sehingga membuat investor tersebut cenderung tidak mendapat keuntungan maksimal atau bahkan rugi. Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan membeli sebuah properti untuk dijadikan sebagai investasi masa depan Anda, sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu akan kelebihan dan kekurangan properti. Seperti letak, kondisi fisik jika berupa bangunan, juga lingkungan yang bisa saja mempengaruhi nilai jual aset properti Anda.

Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda terhindar dari kerugian, dan justru bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Adapun manfaat dan kelemahan investasi properti bisa Anda simak dibawah ini. Tujuan pertama berinvestasi pasti untuk mendapatkan keuntungan, hal itu adalah salah satu manfaat berinvestasi terutama properti.

Keuntungan atau manfaat lain adalah sebagai berikut:

1. Minim resiko

Lain dengan investasi saham yang beresiko tinggi, investasi properti cenderung rendah resikonya sebab pergerakan nilai jual properti tidak sekencang saham. Jika saham bisa naik atau turun dengan drastis, nilai jual properti akan naik secara perlahan namun tidak terlalu sensitif sehingga harganya tidak bisa tiba-tiba anjlok. Jadi dengan rendahnya resiko yang dimiliki, investasi properti sangat cocok bagi Anda yang ingin mempunyai aset dengan minim resiko namun menguntungkan.

2. Bisa dijadikan agunan

Manfaat dan kelemahan investasi properti merupakan hal yang sangat sensitif untuk menjadi panduan memilih properti. Semua orang tahu bahwa properti bisa mendatangkan keuntungan yang besar, maka dari itu tidak jarang sebuah properti juga bisa digunakan menjadi agunan pengajuan pinjaman di bank. Dari situlah Anda bisa mengembangkan investasi. Dengan mendapat pinjaman Anda bisa menggunakannya untuk modal berinvestasi properti lain.

Jika dikalkulasi siklus keuntungannya hampir sama. Dan kemudian investor akan bisa memperhitungkan properti yang tepat sesuai besarnya modal, jangka waktu kembali modal, keuntungan yang bisa diperoleh, serta mempertimbangkan besarnya hutang yang harus dibayar dalam kurun waktu tersebut.

3. Nilai keuntungan yang meningkat setiap tahun

Seperti pada keterangan tadi bahwa tujuan utama berinvestasi adalah mendapat keuntungan yang maksimal. Hal ini berlaku juga pada investasi properti dimana nilai harga jual yang akan terus meningkat setiap tahunnya, dengan kata lain keuntungan pun akan semakin besar setiap tahun meskipun tidak dalam jangka waktu yang dekat.

Tetapi untuk memperoleh pendapatan maksimal Anda juga bisa menyewakan properti tersebut sehingga dalam jangka waktu dekat Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari investasi yang Anda lakukan.

4. Bernilai tambah

Manfaat dan kelemahan investasi properti harus selalu Anda ingat saat membeli sebuah properti baik berupa tanah maupun bangunan. Sebuah properti memiliki kelebihan yang berpengaruh pada nilai jualnya. Misalnya sebuah lahan kosong akan menjadi lebih mahal harga jualnya apabila di atasnya dibangun sebuah gedung dengan fasilitas lengkap. Hal tersebut merupakan nilai tambah dari lahan yang kosong. Selain itu letak yang strategis juga akan membuat harga sewa tanah atau bangunan menjadi semakin tinggi.

Seperti lahan atau bangunan yang terletak di pinggir jalan raya harga sewa atau nilai jualnya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang letaknya di pinggiran kota atau di tengah pemukiman padat.

Itulah keuntungan berinvestasi properti yang bisa Anda peroleh.

Selanjutnya dalam pembahasan tentang manfaat dan kelemahan investasi properti berikut ini akan menyampaikan beberapa kekurangan pada investasi properti:

1. Beban perawatan

Mengenai manfaat dan kelemahan investasi properti, hal yang harus Anda pertimbangkan pertama agar terhindar dari kerugian adalah beban perawatan. Memiliki properti harus sering dirawat agar tidak rusak dan membuat nilai jual atau sewanya turun. Hal tersebut menjadi tanggungan beban bagi investor tentunya.

2. Investasi padat modal

Investasi properti merupakan investasi yang membutuhkan modal besar jika ingin mencari hasil yang lebih besar.

3. Biaya transaksi yang tinggi

Berbeda dengan investasi di sektor lain, investasi properti membutuhkan biaya lebih ketika transaksi. Sebagai pelaku transaksi investasi properti Anda akan dikenakan biaya pajak yang berupa PPH sebesar 5% bagi penjual, dan BPHTB sebesar 5% bagi pembeli.

4. Waktu pembelian yang lama

Manfaat dan kelemahan investasi properti harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Jual beli properti tidak secepat proses jual beli saham atau emas, sebab biasanya calon pembeli akan mencari beberapa properti serupa dan memilih satu diantaranya. Hal tersebut bisa jadi memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan bulan.

5. Penyusutan

Untuk properti yang berupa bangunan akan membutuhkan perawatan yang lebih sebab semakin lama bangunan akan mengalami kerusakan tergantung kualitas dari bahan bangunan tersebut. Hal ini memiliki kaitan dengan kelemahan investasi properti pada nomor 1.

6. Rusak jika terjadi bencana alam

Secara teknis investasi properti memiliki kelemahan yang berbeda dengan investasi lain. Yaitu bisa saja hancur atau berkurang apabila terjadi bencana alam seperti gempa, tsunami, longsor, banjir, dan lain-lain. Akan tetapi sebenarnya kerugian yang disebabkan oleh bencana ala mini dapat diminimalisir dengan mengasuransikannya.

Itulah beberapa manfaat dan kelemahan investasi properti yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat mencari objek properti untuk berinvestasi. Agar terhindar dari kerugian, sebaiknya Anda bisa lebih jeli dalam menentukan properti mana yang akan Anda pilih. Semoga bisa bermanfaat.