Inilah Jenis Investasi Properti Yang Menguntungkan

Inilah Jenis Investasi Properti Yang Menguntungkan

Dalam dunia investasi, memilih untuk berinvestasi di bidang properti adalah hal yang cukup tepat. Sebab, investasi properti memiliki prospek yang baik dalam jangka panjang. Peningkatan harga dapat mengalami peningkatan yang sangat pesat dalam jangka waktu tertentu. Selain itu resiko dari investasi properti tergolong cukup kecil dibanding dengan jenis investasi yang lain.

Meskipun dalam investasi properti memerlukan modal yang tidak sedikit akan tetapi bisa memberikan penghasilan pasif yang menggiurkan bagi Anda. Ada berbagai jenis investasi properti yang bisa Anda pilih terutama bagi individu karena cukup umum dilakukan di Indonesia dan menjanjikan keuntungan yang besar.

Diantara jenis investasi properti yang bisa Anda pilih akan diulas dalam pembahasan di bawah ini:

1. Investasi tanah.

Investasi properti yang pertama adalah dalam bentuk tanah. Memilih properti berupa tanah untuk investasi adalah hal yang paling mudah dilakukan. Sebab, tanah adalah properti yang minim perawatan. Anda tidak perlu melakukan berbagai perawatan untuk tetap menjaga kualitas tanah, tidak seperti perawatan untuk rumah, apartemen, toko, dan sebagainya.

Akan lebih baik jika tanah dijadikan investasi jangka panjang sehingga harga jualnya bisa meningkat hingga 100%. Namun dalam penyewaannya, Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibanding jenis investasi properti yang lain. Sebab, yield atau keuntungan nilai sewa per tahun hanya sekitar 0,5% hingga 2%.

2. Investasi rumah.

Yield yang bisa diperoleh untuk berinvestasi pada properti berupa rumah lebih tinggi dibandingkan investasi tanah. Keuntungan nilai sewa per tahunnya bisa mencapai 3% hingga 5%. Rumah merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat, sehingga peminatnya selalu ada bahkan bertambah dari tahun ke tahun.

Rumah juga bisa disewakan atau dikontrakkan dan bisa menjadi penghasilan pasif bagi Anda. Namun, kekurangan dari investasi ini adalah membutuhkan perawatan dengan biaya yang tidak sedikit.

3. Investasi indekos.

Investasi properti dalam bentuk indekos menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Sebab, yield yang bisa Anda peroleh adalah sekitar 5% hingga 7% per tahunnya. Angka tersebut akan menjadi penghasilan pasif yang besar dan Anda juga masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan berupa usaha laundry, rumah makan, maupun toko di kawasan indekos milik Anda.

Namun, lokasi dari indekos harus benar-benar strategis agar tidak sepi penyewa. Seperti pada pusat perkantoran, pendidikan (universitas), industri, dan sebagainya. Sedangkan untuk harga tanahnya sendiri di kawasan yang strategis tentunya sangat tinggi. Untuk itu, investasi indekos membutuhkan modal yang sangat besar. Selain itu, investasi indekos membutuhkan biaya perawatan yang cukup besar.

4. Investasi apartemen dan kondominium.

Terbatasnya lahan membuat banyak orang lebih memilih apartemen sebagai huniannya. Sebab, harga hunian vertikal saat ini menjadi sangat tinggi dan semakin tidak terjangkau, terutama bagi kalangan menengah ke bawah. Sehingga hal ini bisa menjadi peluang yang baik bagi Anda untuk berinvestasi apartemen serta kondominium.

Yield dari investasi apartemen bisa mencapai 7% sampai 12%. Tentu angka tersebut cukup menggiurkan bagi Anda. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk berinvestasi apartemen dan kondominium, diantaranya harus jeli memilih pengembang. Pilihlah pengembang yang profesional dan memiliki track record yang terpercaya. Selain itu, Anda juga harus menentukan lokasi yang strategis agar investasi apartemen Anda memiliki banyak peminat.

5. Investasi ruko, toko, dan kios.

Investasi properti berupa ruko, toko, dan kios cukup banyak diminati oleh masyarakat. Sebab minimnya lapangan kerja membuat masyarakat memilih untuk melakukan usaha sendiri, sehingga peminat ruko, toko, dan kios sangat banyak.

Seperti investasi properti yang lain yang membutuhkan lokasi strategis, pemilihan lokasi yang strategis sangat berpengaruh terhadap peminat ruko, toko, dan kios. Lokasi yang ramai dan dekat dengan pusat ekonomi harus Anda pilih untuk melakukan investasi ruko, toko, serta kios. Sebab, keberhasilan usaha yang dilakukan oleh penyewa ditentukan oleh strategisnya lokasi dari toko atau kios yang ditempati.

Yield untuk investasi toko dan kios mencapai 5% hingga 10% sedangkan untuk investasi ruko mencapai 6% hingga 9% per tahunnya.

Demikian jenis investasi properti yang bisa dipertimbangkan sesuai dengan budget dan kemampuan bisnis Anda. Semoga informasi di atas membuat Anda lebih jeli menentukan jenis investasi yang akan dipilih.