Berminat Membeli Rumah Lelang? Pahamilah Cara Beli Rumah Lelang Berikut Ini

Berminat Membeli Rumah Lelang Pahamilah Cara Beli Rumah Lelang Berikut Ini

Banyak orang memilih untuk membeli rumah dari lelang yang dilakukan oleh bank. Sebab, harga yang ditawarkan biasanya lebih rendah dibandingkan harga pasar. Rumah yang dilelang oleh bank disebabkan karena debitur tidak mampu melunasi pinjaman dari pihak bank. Sehingga, untuk membuat perputaran uang di bank tetap lancar maka rumah lelang akan ditekan limitnya serendah mungkin supaya mudah terjual.

Bank yang paling sering menawarkan lelang rumah diantaranya Bank Mandiri, BTN, serta Bank BNI. Tawaran lelang rumah akan dilakukan oleh bank secara terbuka.

Jika Anda berminat untuk membeli rumah lelang, maka Anda harus pahami terlebih dahulu cara beli rumah lelang berikut ini:

  1. Cara beli rumah lelang yang pertama adalah melakukan pendaftaran ke KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) maupun pihak swasta yang telah ditunjuk oleh bank yang bersangkutan.
  2. Melakukan pembayaran jaminan sebesar 20% hingga 50% dari harga rumah lelang. Uang jaminan akan dikembalikan jika Anda tidak memenangkan lelang.
  3. Jika menang lelang, maka Anda harus membayar sisa uang dalam jangka waktu 5 hari.
  4. KPKNL ataupun pihak swasta terkait akan memberikan risalah lelang yang kemudian bisa Anda bawa ke bank.
  5. Cara beli rumah lelang yang terakhir yaitu risalah yang Anda bawa ke bank akan ditukarkan dengan dokumen-dokumen penting dari rumah lelang yang telah Anda lunasi.

Tata cara beli rumah lelang tersebut setiap tahapannya harus Anda taati dan yang terpenting adalah pembayaran rumah lelang harus dilakukan dengan sistem cash. Jadi, untuk mendapatkan rumah lelang Anda harus menyiapkan budget tersendiri.

Namun, tidak masalah jika Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk melakukan pembelian rumah. Sebab Anda bisa melakukan pembayaran dengan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Anda cukup menghubungi pihak bank untuk mengajukan KPR jika menang lelang.

Anda bisa menggunakan jasa notaris untuk menjadi perantara transaksi. Siapkan dokumen yang menjadi persyaratan pengajuan KPR sejak awal agar prosesnya lebih cepat. Anda akan mendapat kemudahan berupa tenor yang cukup panjang serta bunga yang relatif rendah, hanya sekitar 12% floating per tahun.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selain cara beli rumah lelang agar Anda tidak kecewa terhadap rumah yang telah Anda beli. Sebab, membeli rumah lelang juga memiliki beberapa resiko. Seperti, kondisi rumah yang tidak terawat. Dengan begitu maka Anda akan mengeluarkan budget lebih untuk melakukan renovasi. Apalagi jika kerusakan yang terjadi sudah cukup parah.

Untuk mengatasi kemungkinan resiko yang akan Anda peroleh, maka Anda perlu melakukan beberapa hal.

Diantaranya yaitu:

1. Mempelajari perjanjian kredit.

Anda perlu mempelajari dokumen-dokumen yang terkait dengan perjanjian antara pihak bank dengan pemilik rumah. Termasuk diantaranya PK atau Perjanjian Kredit serta APTH atau Akta Pemberian Hak tanggungan.

Di dalam PK sudah dijelaskan mengenai tata cara lelang rumah secara lengkap. Dengan adanya dokumen-dokumen tersebut maka tidak akan terjadi masalah ketika Anda mendapatkan rumah lelang tersebut.

2. Memastikan kelengkapan surat rumah.

Rumah yang dilelang sebenarnya telah memiliki surat yang lengkap. Akan tetapi untuk lebih berhati-hati dan jeli maka Anda bisa memastikan ulang kelengkapannya. Surat-surat yang harus dimiliki oleh rumah lelang diantaranya sertifikat tanah dan rumah, IMB (Izin Mendirikan Bangunan), serta surat pajak bumi dan bangunan.

3. Mendatangi lokasi rumah lelang secara langsung.

Penawaran lelang dilakukan oleh pihak bank secara terbuka melalui website maupun media massa. Informasi yang diberikan oleh pihak bank meliputi juga kondisi rumah serta alamatnya. Untuk itu, Anda bisa langsung mendatangi lokasi rumah berdasarkan informasi yang disebarkan oleh pihak bank.

Pastikan bahwa rumah lelang yang akan Anda beli masih layak huni dan memiliki fasilitas penunjang seperti listrik, air bersih, akses jalan, dan juga telepon sehingga akan mempermudah Anda ketika menempatinya nanti. Anda juga tidak perlu melakukan renovasi yang akan memperbesar anggaran.

Itulah cara beli rumah lelang dan tipsnya. Satu lagi yang perlu Anda perhatikan jika membeli rumah lelang dengan pembayaran kredit yaitu hindari mengajukan kredit tanpa agunan, sebab hal tersebut akan membebani Anda dengan bunga yang tinggi di kemudian hari. Demikian, semoga bermanfaat.