Inilah Keuntungan Beli Rumah Lewat Developer Yang Wajib Anda Ketahui

Inilah Keuntungan Beli Rumah Lewat Developer Yang Wajib Anda Ketahui

Rumah merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Tidak heran jika permintaan terhadap rumah tidak pernah sepi dan selalu bertambah dari tahun ke tahun. Dibandingkan membeli rumah sendiri, ataupun membangun rumah sendiri, banyak orang yang lebih memilih beli rumah lewat developer. Hal tersebut dikarenakan ketersediaan waktu yang terbatas di tengah kesibukan serta dianggap lebih praktis.

Tidak hanya itu, keuntungan beli rumah lewat developer meliputi beberapa hal, diantaranya:

1. Mudah mendapatkan KPR.

Dengan sistem KPR (Kredit Pembelian Rumah), Anda bisa memiliki rumah dengan sistem cicilan meskipun memiliki budget yang rendah. Dengan beli rumah lewat developer, Anda bisa lebih mudah mendapatkan KPR. Sebab, banyak developer yang melakukan kerja sama dengan bank untuk mendapatkan pendanaan pembangunan.

2. Praktis.

Anda tidak perlu repot untuk melakukan pencarian tanah, proses negosiasi, serta melakukan berbagai perencanaan pembangunan rumah. Sebab, hal tersebut sudah dilakukan oleh developer. Tentu saja beli rumah lewat developer menjadi lebih praktis dan menghemat waktu Anda.

3. Lokasi strategis.

Kawasan yang ditawarkan oleh developer biasanya terletak pada lokasi yang strategis. Sehingga Anda bisa lebih mudah mendapatkan akses ke berbagai fasilitas publik seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, pusat ekonomi, angkutan umum, tempat ibadah dan sebagainya.

Namun, beli rumah lewat developer bukan berarti tidak memiliki resiko. Anda bisa saja tertipu oleh pihak developer yang tidak bertanggung jawab sehingga Anda akan mengalami kerugian.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk beli rumah lewat developer yang akan dibahas pada ulasan di bawah ini:

1. Kenali developer Anda.

Anda perlu memastikan developer yang Anda pilih adalah developer dengan track record yang baik. Anda bisa meminta rekomendasi dari teman, saudara, keluarga, atau rekan untuk menentukan developer yang terpercaya serta memiliki kinerja yang profesional.

Cari tahu sertifikat yang dimiliki oleh developer melalui berbagai situs di internet agar Anda tidak mudah tertipu dengan tawaran dan janji manis dari developer yang tidak bertanggung jawab.

2. Pahami proses beli rumah lewat developer.

Anda perlu mengetahui proses beli rumah lewat developer agar tidak bingung. Pastikan setiap proses tidak terlewat sebagai tanda bahwa proses beli rumah sah menurut hukum sehingga Anda terhindar dari tindak penipuan.

Berikut detail prosesnya:

• Pembayaran booking fee (tanda jadi).
Jika Anda sudah setuju untuk membeli rumah dari developer maka Anda harus membayar sejumlah uang untuk tanda jadi sebesar 5 hingga 7,5 juta atau tergantung dari kebijakan developer.

• Mengurus KPR.
Developer akan mengawal proses pengajuan KPR. Anda tinggal menyiapkan persyaratannya. Proses pengajuan KPR lebih mudah karena developer akan memberikan buy back guarantee. Jika pengajuan KPR tidak disetujui oleh pihak bank maka Anda bisa mengajukan ke bank lain.

• Pembayaran uang muka kemudian penandatanganan PPJB.
Setelah KPR disetujui, maka Anda akan diminta untuk membayar uang muka sejumlah 30% sampai 40% dari total pembayaran. Kemudian Anda dan developer akan melakukan penandatanganan PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli).

• Pembangunan.
Pada kontrak sudah ditentukan lamanya pembangunan. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pembangunan adalah sekitar 12 hingga 18 bulan.

• Serah terima.
Setelah pembangunan selesai dilakukan maka Anda bisa melakukan serah terima dengan developer.

• Pemecahan HGB (Hak Guna Bangunan).
Hal tersebut dilakukan supaya sertifikat rumah dan tanah dapat balik nama dari developer kepada pembeli.

• Pembuatan AJB (Akad Jual Beli).
AJB dilakukan oleh developer dan pembeli di notaris.

• Balik nama sertifikat HGB.

• Peningkatan status dari HGB menjadi SHM (Sertifikat Hak Milik).

Proses-proses beli rumah lewat developer di atas harus dipastikan telah Anda dan developer lewati semua.

Developer yang bertanggung jawab pastinya tidak akan melewatkan salah satu dari proses di atas. Anda perlu menanyakan kepada developer jika ada salah satu proses yang tidak dilakukan.

3. Anda harus menghindari transaksi bawah tangan.

Supaya beli rumah lewat developer lebih aman, Anda harus menghindari transaksi bawah tangan. Artinya rumah yang dijual masih menjadi agunan di bank. Transaksi bawah tangan memiliki resiko yang sangat tinggi.

4. Jangan bayar uang muka sebelum pengajuan KPR disetujui pihak bank.

Tidak ada yang menjamin bahwa KPR yang Anda ajukan akan disetujui oleh pihak bank, untuk itu, jangan sampai Anda melakukan pembayaran DP sebelum persetujuan dilakukan.

Jika Anda sudah terlanjur memberikan uang muka kepada developer dan KPR ditolak maka akan sulit bagi Anda mendapatkan uang tersebut kembali. Atau uang kembali dan dipotong oleh developer sekian persen. Pastikan Anda mengikuti proses yang telah dijelaskan pada poin ke-dua tadi.

Demikian tips beli rumah lewat developer. Anda diharapkan agar lebih jeli dan teliti saat berhadapan dengan developer. Semoga bisa membantu Anda mendapatkan rumah impian tanpa tertipu oleh developer yang tidak bertanggung jawab.